10 Sekolah Terunik Di Dunia

Bosan, Satu kata ini biasanya terlintas pada anak-anak sekolah yang sedang mengenyam bangku sekolah. Di samping kurikulum yang terlampau kaku, lokasi dan format bangunan sekolah yang itu-itu saja jadi pemicu daya kreatifitas tidak cukup greget. Harusnya edukasi nggak terbatas pada sistem tradisional. Bisa saja dilaksanakan di perahu, kereta api, bahkan di dalam gua sekalipun.

Nah, sorotan Scoop Whoop di belahan dunia ada sekolah-sekolah anti mainstream. Yakin deh, anda bakalan kerasan dan keadaan belajar pun bakal lebih terasa menyenangkan. Apa aja sih? Yuk simak bersama rangkumannya bareng Poker Indonesia.

10 Sekolah Terunik Di Dunia
10 Sekolah Terunik Di Dunia

1. Sekolah di atas air di Makoko, Nigeria buat kegiatan belajar melatih lebih kondusif. Elemen air di sekitarnya tolong siswa lebih konsentrasi menangkap pelajaran pelajaran

 

Di samping unik, sekolah ini tuh asyik guys. Dengan memakai bahan terapung, sekolah ini di bina di atas laguna pesisir Afrika yang dapat menampung 100 anak. Pihak sekolah pun memastikan keselamatan anak-anak didiknya walau dalam suasana cuaca ekstrim.

2. Bahkan sekolah kubus di Copenhagen, Denmark, meluangkan sleeping bed untuk siswanya. Di samping itu format bangunan sekolah ini juga terbilang unik

 

Untuk menambah daya kreatifitas, maka pihak sekolah meluangkan sebuah lokasi refleksi berupa drum yang di dalamnya terdapat sleeping bed full colour. Oh ya, selain tersebut sekolah rakasasa ini bisa menampung siswa sejumlah 1.100 orang lho. Keren ‘kan?

3. Dari negeri tersayang Indonesia, Green School Bali di antara sekolah yang memakai teknologi solar sel

 

Menuntut ilmu di sekolah ini tentunya nggak bakal membosankan. Di samping pemandangan hijau yang mengelilingi 360 derajat, sekolah ini juga punya teknologi yang ramah lingkungan, solar cell. Sekolah yang digagas oleh pasangan John dan Cynthia tidak sama sekali memakai bahan beton, namun full berbahan bambu.

4. Sekolah di India yang satu ini jarang bahkan barangkali nggak ada. Pasalnya, lokasi berlangsungnya transfer ilmu pengetahuan sedang di atas peron stasiun kereta

 

Atas keprihatinannya menyaksikan anak-anak kecil putus sekolah di peron stasiun, Inderjit Khurana, seorang guru, berinisiatif menegakkan sekolah peron semenjak tahun 1985. Ia yakin dengan mendapatkan edukasi yang layak, anak-anak itu akan memiliki masa mendatang yang cerah. Hm, salut bikin ibu Khurana.

5. Lebih natural dari yang lain, sekolah Gua di Ghuizou, China, buat penyerapan ilmu lebih fokus. Gema nyanyian alam juga ikut serta

 

Tak melulu sekolah, di dalam gua ini pun terdapat suatu desa kecil yang melulu menampung tidak banyak warga. Sekolah gua ini dibangun semenjak 1983 atas inisiasi warga tersebut sendiri. Sayangnya, sekolah gua yang terletak di desa Miao, China, sudah diblokir pemerintah setempat belum lama ini.

6. Sekolah dengan pendekatan individual di Australia ialah konsep kurikulum yang jarang diterapkan oleh sekolah manapun. Di sini semua murid diberi hak untuk mengucapkan metode pengajaran yang nyaman

 

Pendekatan antara guru dan siswa memang mesti terjalin dengan baik. Hal itu diterapkan di di antara sekolah di Australia yang mana murid diberi hak guna menilai cara pembelajaran yang dapat disesuaikan oleh guru maupun orangtua. Nah, ini yang dinamakan demokrasi dunia pendidikan.

7. Sementara kurikulum banyak sekali sekolah masih berpengaruh teori, sekolah di USA ini ialah sekolah di dunia sesungguhnya. Frekuensi belajar dengan praktik lebih tidak jarang ketimbang teori

 

Bila belajar cocok apa yang anda sukai tentunya akan lebih menyenangkan, lebih lagi terasa ringan. Tanpa beban. Sekolah di Pulau Rodhe, USA, semua siswa bakal di sediakan mentor untuk menelaah bidang profesi yang diminati. Kesiapan untuk masa mendatang memang benar-benar dipikirkan dengan matang oleh pihak sekolah. Ini baru namanya melek peradaban zaman. Keren.

8. Serasa laksana di kantor sungguhan, sekolah di Ohio, USA, mengharuskan muridnya mengenakan outfit layaknya orang kantoran

 

Dibagi menjadi 300 bilik meja kerja, skolah emang serupa banget dengan susana kantor guys. Metode pemebeljarannya juga secara invidual, yang mana bila murid punya pertanyaan dapat berpindah langsung ke instruktur. Satu bilik melulu untuk satu siswa serta dilengkapi dengan satu komputer. Terlihat profesional ya, guys?

9. Di San Fransisco ada sekolah yang malah mengajarkan mengenai segala urusan yang dilabeli berbahaya. Dari merombak peralatan elektronik sampai bermain api

 

Sekolah Brightworks ialah semacam workshop yang mana semua murid dapat mengeksplor kemahiran masing-masing. Di sana, pun justru dianjurkan kotor-kotoran kok. Misalnya seperti mencukur besi. Karena cara pembelajaran ini dirasakan mampu menambah tumbuh kembang anak yang nantinya dapat dipakai dalam dunia kerja.

10. Dari dataran biru, sekolah dasar sarat warna di Swedia ini adalahtempat yang mengasyikkan untuk belajar

 

Fitur multiguna ‘belajar koridor’ yang diterapkan pihak sekolah adalahdalam rangka kesetaraan kurikulum. Di samping akses Wi-Fi di seluruh koridor, ruangan di tiap bangunan sekolah disediakan lokasi pembelajaran individual dan proyek kumpulan kecil, menyeluruh dengan kemudahan sesuai dengan standar modern supaya tingkat pembelajaran kian maju.

Seakarang jadi kian tahu ‘kan sejumlah sekolah di belahan dunia yang mempunyai bangunan hingga sistem kurikulum yang unik. Pada dasaranya, masing-masing anak mempunyai hak menemukan pendidikan. Dan, cara pembelajaran yang menarik dapat menolong meningkatkan skill supaya berguna untuk masa mendatang mereka. Pendidikan tersebut memang penting, namun tak kalah penting ialah ruang atau keadaan belajar yang nyaman supaya terciptanya pencapaian pembelajaran maksimal.