Panduan untuk Daftar Periksa Studi Awal CEQA 2010

I. ESTETIKA

Akankah proyek:

(A) Memiliki efek merugikan yang besar pada pemandangan yang indah?

1. Menentukan Ruang Lingkup Pertanyaan

Tidak ada definisi potongan yang jelas tentang apa yang merupakan pemandangan indah. Apa yang beberapa orang anggap sebagai pemandangan yang indah mungkin tidak dianggap oleh orang lain. Rencana umum, rencana khusus, kode zonasi atau dokumen perencanaan lainnya dapat memberikan panduan.

Sebagai contoh, rencana umum mungkin berisi kebijakan yang menyatakan "Cari dan pengembangan situs untuk melestarikan pandangan publik dan pribadi dari daerah perbukitan dan Pegunungan Santa Victoria." Dalam hal ini, Pegunungan Santa Victoria dianggap sebagai pemandangan yang indah karena rencana umum menyatakan demikian.

Dalam contoh lain, kode zonasi mungkin memiliki ketentuan untuk perlindungan punggung bukit dan berisi peta yang mengidentifikasi ridgelines tertentu yang dianggap penting bagi identitas komunitas. Ridgelines ini akan dianggap sebagai pemandangan yang indah.

Menentukan apakah atau tidak ada pemandangan yang indah dapat menjadi sangat subyektif jika tidak ada panduan dalam rencana umum, rencana khusus, kode zonasi, atau dokumen perencanaan lainnya. Di Mira Mar Mobile Community v. City of Oceanside, Pengadilan Banding, Distrik Keempat menetapkan bahwa "di bawah CEQA, pertanyaannya adalah apakah suatu proyek akan mempengaruhi lingkungan orang pada umumnya, bukan apakah suatu proyek akan mempengaruhi orang-orang tertentu." Pengadilan juga menegaskan bahwa adalah tepat bagi agen-agen utama untuk melihat ambang perencanaan lokal ketika menentukan standar dampak visual.

Secara umum, dalam menjawab pertanyaan ini, yang terbaik adalah menerapkan pendekatan luas terhadap apa yang merupakan pemandangan indah. Tidak semua ini berhubungan dengan pemandangan lautan, gunung, bukit, danau, sungai, lembah, ruang terbuka atau fitur alam lainnya.

Mereka dapat menyertakan pengaturan perkotaan yang penting pada basis komunitas dan membantu mendefinisikan karakter estetika komunitas. Misalnya, area komunitas yang berisi jenis pengembangan unik (misalnya sekelompok bangunan bersejarah) atau area yang menentukan gerbang ke komunitas (misalnya jembatan, bangunan, atau struktur lainnya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *